31 C
Banjarbaru
Wednesday, July 28, 2021

MAHASISWA MAGANG DI PHLB ULM: Dukungan terhadap Program Kampus Merdeka & Merdeka Belajar

PHLB-ULM, Banjarbaru/ 29 Maret 2021. Dalam rangka mendukung Program kampus Merdeka & Merdeka Belajar, terutama dalam memberi kesempatan terhadap mahasiswa untuk berkegiatan paling sedikit 20 SKS di luar kampus, maka PHLB ULM (Pusat Inovasi Teknologi Komersialisasi Manajemen Hutan & Lahan Basah Universitas Lambung Mangkurat) memberi kesempatan untuk mahasiswa dari prodi yang sesuai dan dari perguruan tinggi manapun, terutama juga di lingkup Universitas Lambung Mangkurat untuk melaksanakan magang di sini.

Adapun sesuai dengan tupoksi PHLB ULM, maka kegiatan mahasiswa yang dapat dilakukan di luar kampus adalah dalam bentuk: magang, riset dan kegiatan wirausaha. Hal ini mengingat PHLB ULM sebagai salah satu Pusat Unggulan Iptek merupakan salah satu lembaga riset yang telah mendapatkan sertifikasi pemerintah. Kegiatan ini juga bersinergi dengan capaian atau target kinerja PUI, terutama dalam bidang “Komersialisasi Produk Berbasis Riset”, yaitu: adanya unit bisnis yang melayani jasa sesuai kompetensi, serta pembinaan UMKM atau komunitas sesuai dengan kompetensi. Oleh karena itu mahasiswa yang magang disini akan dibekali dan dilibatkan pada kegiatan-kegiatan pengembangan produk berbasis riset, khususnya produk-produk dari hasil hutan bukan kayu dan lahan basah.

Diharapkan nantinya dengan berjalannya program kerjasama dengan berbagai prodi yang relevan ini, dapat mendukung terlaksananya Program Kampus Merdeka & Merdeka Belajar, terutama dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi wirausaha maupun peneliti yang handal khususnya di bidang hasil hutan bukan kayu dan lahan basah Program ini akan menguntungkan prodi dan PHLB ULM itu sendiri, karena terlaksananya program ini juga menjadi target capaian PHLB ULM setiap tahunnya Demikian pula dari prodinya sendiri, seperti saat ini prodi yang bekerjasama adalah Prodi Kehutanan ULM, dimana hingga saat ini telah ada 3 mahasiswa yang melakukan magang disini. Diharapkan kegiatan ini dapat mendukung Prodi Kehutanan ULM untuk menghasilkan lulusan sesuai profil lulusan yang diinginkan, antara lain: menjadi wirausaha dan peneliti khususnya di bidang hasil hutan dan lahan basah.

Meskipun demikian karena masih dalam suasana pandemic Covid-19, maka jumlah mahasiswa yang dapat melakukan magang disini masih sangat dibatasi. Jumlah ini akan berubah menyesuaikan keadaan nantinya.

Sumber: pubdok-phlb-ulm (PHLB-ULM/WEB-C13(2) / 03-2021)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

SOSIAL MEDIA

6FansLike
121FollowersFollow
164SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Pengumuman