24 C
Banjarbaru
Friday, September 17, 2021

PAMERAN PRODUK PHLB ULM DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT BNI KE-75

Dalam rangka perayaan hari jadi Bank Negara Indonesia (BNI) yang ke-75, BNI kantor wilayah Banjarmasin menyelenggarakan rangkaian kegiatan yaitu seminar, workshop building development entrepreneurship, penyerahan apresisasi kepada pengusaha yang memiliki usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan Bank BNI, dan pameran UMKM.

Acara tersebut diselenggarakan di Auditorium Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru pada hari selasa, 8 Juni 2021. Tampak hadir Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono, SE sebagai pembuka resmi acara tersebut, Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Selatan H. Gustafa Yandi, M.Si, Pimpinan BNI Kantor Cabang Banjarmasin Jodhy Aditya Wardhana, Direktur dan Treasury BNI Henry Panjaitan beserta jajaran, dan dihadari juga oleh General Manager BNI Hongkong Wan Andi Aryadi secara daring.

Dalam acara HUT BNI Ke-75 tahun tersebut, PHLB ULM (Pusat Inovasi, Teknologi, Komersialisasi, Manajemen: Hutan dan Lahan Basah Universitas Lambung Mangkurat) juga ikut serta dalam pameran produk dengan menampilkan produk-produk hasil hutan bukan kayu (HHBK). Dalam wawancaranya ketua PHLB ULM Prof. Dr. Ir. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc menyampaikan dengan bangga visi dari PHLB ULM yaitu menjadi pusat pengembangan inovasi, teknologi, komersialisasi produk-produk hasil hutan dan lahan basah, dan menjadi pusat pengembangan manajemen atau pengelolaan hutan dan lahan basah, serta mampu menjadi acuan bagi kebijakan pengelolaan hutan dan lahan basah serta pemanfaatan produk yang dihasilkan. Selain itu beliau juga memperkenalkan produk-produk hasil hutan dan lahan basah yang telah dihasilkan PHLB ULM, diantaranya berupa teh, kopi, minuman instan, sirup, dan madu.

Keikutsertaan PHLB ULM dalam event pameran ini bertujuan untuk melaksanakan target kinerja sebagai salah satu PUI (Pusat Unggulan Iptek), terutama dalam bidang Komersialisasi Hasil-Hasil Riset. Selain itu, hal ini juga dimaksudkan agar PHLB ULM semakin dikenal, baik di lingkup internal (di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat) maupun eksternal (masyarakat luas).Selain PHLB ULM dalam pameran ini juga didapati pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang berada langsung di Audotorium Universitas Lambung Mangkurat untuk mempromosikan produk-produk dari UMKM, diantaranya: Anakkayu, NDF Sasirangan, Abba Cokelat, Saka Tech, Pembersihan Nutix, Moringa Karya Mandiri, Sobat Mesjid, Pasak Bumi Borneo, Flo “Natural Anti-Aging”, dan masih banyak lagi UMKM lainnya. UMKM tersebut merupakan binaan dari Bank BNI, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Selatan, Bank Indonesia, Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Lambung Mangkurat, atau Rumah BUMN Banjarbaru.

Dengan diadakan seminar, wokshop, pemberian apresiasi kepada UMKM, dan pameran ini, BNI berharap kegiatan ini mampu menambah semangat sekaligus memberikan inspirasi baru kepada para UMKM, agar siap untuk masuk dalam rantai pasok pasar nasional dan internasional (ekspor) karena pada dasarnya produk-produk UMKM lokal tidak kalah dengan produk luar negeri. Sehingga BNI sendiri siap untuk mendampingi para pelaku UMKM baik secara langsung maupun tidak langsung dalam peningkatan kualitas produk, peningkatan efisiensi proses, sampai dengan bagaimana cara memasarkan produk sehingga UMKM tersebut dapat mengakses pasar nasional maupun internasional.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

SOSIAL MEDIA

6FansLike
121FollowersFollow
172SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Pengumuman