Transfer Teknologi : Pemanfaatan Zat Warna Alam dari Beberapa Jenis Tumbuhan Hasil Hutan untuk Industri Makanan

0
221

Baristand Industri Banjarbaru yang merupakan anggota dari PUI PT KR PHTB (Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi Konsorsium Riset Pengelolaan Hutan Tropis Berkelanjutan), telah melaksanakan kegiatan Transfer Teknologi hasil litbangyasa kepada Industri Kecil Menengah (IKM) pengolahan makanan di Desa Sumber Makmur-Takisung, Pelaihari pada tanggal 13 Desember 2016.

Transfer Teknologi tersebut diikuti 15 orang peserta dari pelaku usaha  pengolahan makanan. Sebagian besar mereka masuk ke dalam kelompok IKM Sumber Wangi Pelaihari. Disamping itu, juga dikenalkan alat pemotong kerupuk hasil litbangyasa peneliti di Baristand Industri Banjarbaru. Kegiatan ini meliputi pengenalan beberapa jenis tumbuhan hasil hutan yang dapat dijadikan zat warna alam untuk makanan dan cara pengolahan zat warna alam sebagai bahan pengolah makanan.

Beberapa jenis tumbuhan tumbuhan hasil hutan yang dapat digunakan sebagai pewarna alam untuk makanan antara lain: Daun jati (Tectona grandis L.), Kulit buah manggis (Garcinia mangostana L.), Bunga belimbing (Averrhoa carambola L.), Kakao (Theobrama cacao L.), Ubi ungu (Ipomoea batatas L.), Bunga rosella (Hibiscus sabdariffa L.), Kluwak (Pangium edule Reinw), Kunyit (Curcuma longa L.), Daun katuk (Sauropus androgynus Merr). Jenis makanan yang menggunakan zat warna alam mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan menggunakan pewarna sintesis. Pewarna alami aman dikonsumsi, warna lebih menarik, terdapat zat gizi dan mudah didapat dari alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here