31 C
Banjarbaru
Wednesday, July 28, 2021

WEBINAR SOW#4 (Sustainability of Wetlands#4) “Peluang Pengembangan Usaha Berbasis Produk-Produk Potensial Khas Lahan Basah”

Dalam rangka melaksanakan series terakhir dari Webinar Series SOW, pada Hari Rabu tanggal 14 Oktober 2020, PHLB ULM (Pusat Inovasi, Teknologi, Komersialisasi, Manajemen: Hutan & Lahan Basah Universitas Lambung Mangkurat) kembali melaksanakan Webinar Series SOW yang ke-4 (Series terakhir dari Series SOW) dengan tema “Peluang Pengembangan Usaha Berbasis Produk-Produk Potensial Khas Lahan Basah”. Dengan menghadirkan para narasumber dari berbagai kalangan, baik peneliti, dosen, maupun UMKM yang diantaranya :

  1. Siti Hamidah, S.Hut, M.P

(Sekretaris PHLB ULM, Dosen HHBK Prodi Kehutanan Fakultas Kehutanan ULM)

  1. Muhammad Wellemharto, S.Pd, CPC

(APINDO Barito Kuala)

  1. Sinarwati

(UMKM Teratai Lestari)

Dipandu oleh moderator Ibu Susi Apriana, S.E, M.Si dari Inkubator Bisnis Teknologi ULM. Acara berlangsung selama 3 jam penuh dimulai pada pukul 09.00-12.00 wib atau 10.00-13.00 wita dan dibuka oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc selaku ketua PHLB ULM. Dalam sambutannya beliau menyampaikan visi dari Universitas Lambung Mangkurat adalah terkemuka dan berdaya saing dibidang lingkungan lahan basah. Sehingga PHLB ULM mempunyai visi untuk mendukung visi ULM tersebut. PHLB ULM juga siap mendukung ULM menuju entrepreneur university dimana untuk mewujudkannya maka PHLB ULM banyak melakukan riset dan pengembangan untuk menghasilkan produk yang siap dikomersialisasikan, selain itu PHLB ULM juga melakukan banyak pembinaan ke UMKM.

Dalam pengembangan lahan basah, Perguruan Tinggi tidak dapat melakukannya sendiri, harus ada dukungan dari pihak lainnya. Hal inilah yang mendasari diadakannya webinar bertajuk SOW (Sustainability of Wetlands) oleh PHLB ULM. Dengan mengadakan webinar berseri mulai dari SOW#1 pada tanggal 16 September 2020 hingga SOW#4 pada 14 Oktober 2020, PHLB ULM menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan yaitu: pakar/peneliti, praktisi, dan pemerintah yang diharapkan dapat bersinergi bersama untuk pengembangkan potensi-potensi yang ada di lingkungan lahan basah.

Pada webinar terakhir series SOW ini, Ibu Siti Hamidah menyampaikan tentang “Peluang Riset & Pengembangan Produk UMKM Berbasis Lahan Basah (:Kelakai & Galam)”. Berdasarkan hasil-hasil risetnya dikemukakan bahwa tanaman dari lahan basah memiliki peluang yang sangat besar untuk dikembangkan, contohnya saja kelakai dan galam. Kelakai dapat dijadikan sirup, dodol, keripik, dll. Dan galam dapat dijadikan bahan pembuatan cuka kayu.

Dilanjutkan oleh bapak Muhammad Wellemharto yang menyampaikan tentang “Pengelolaan & Pengembangan Lahan Basah”. Dalam pemaparan beliau pengelolaan lahan basah itu sangat penting sehingga harus dibagi pemanfaatnya, seperti untuk pemukiman, agro wisata dan pusat bisnis.

Dan Ibu Hj. Sinarwati menyampaikan tentang “Peluang Pengembangan Usaha Berbasis Produk-Produk Potensial Khas Lahan Basah” yang khususnya adalah biji teratai / talipuk. Teratai merupakan tanaman yang hidup dilingkungan lahan basah yang memiliki bunga, batang, biji dan umbi. Teratai banyak mengandung karbohidrat, protein dan asam amino. Saat ini teratai telah dijadikan sumber pangan alternatif disamping beras, dengan dibuat olahan seperti kue (apam talipuk, cincin, roti, pais, dsb).

Dari pemaparan pemateri pada webinar SOW#4 ini dapat disimpulkan bahwasanya banyak sekali potensi lahan basah yang dapat dikembangkan untuk menjadi usaha-usaha yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Hanya saja kita perlu saling mendukung untuk mengembangkannya, karena sangat disayangkan sekali jika kita sudah memiliki lahan basah yang cukup untuk dikembangkan tetapi masih tidak dikembangkan atau dibuat tidak produktif. Agar pengembangannya dapat terhilirisasi dari hulu ke hilir ada baiknya perguruan tinggi, pemerintah, dan para pelaku bisnis dapat besinergi, dari perguruan tinggi bisa melakukan riset-riset tentang lingkungan lahan basah, pemerintah support anggaran, dan pada UMKM mengembangkan usahanya. Selengkapnya untuk pelaksanaan acara ini dapat dilihat kembali pada recording yang ada di youtube dengan link sebagai berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=o3ED6fBjL44

Sumber: pubdok-phlb-ulm (PHLB-ULM/WEB-C13(9)/10-2020)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

SOSIAL MEDIA

6FansLike
121FollowersFollow
164SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Pengumuman