31 C
Banjarbaru
Wednesday, July 28, 2021

Pameran dalam Semnas Teknologi Hasil Hutan Fakultas Kehutanan ULM (Seminar Nasional Teknologi Hasil Hutan Tahun 2018 )

Tema :

 “Optimalisasi Pemanfaatan Hasil Hutan dalam Rangka Mendukung Program Revolusi Hijau”

Rodhita Hotel, Banjarbaru, 13 Oktober 2018

PHLB ULM (Pusat Inovasi, Teknologi, Komersialisasi, Manajemen: Hutan & Lahan Basah), dulunya bernama : PUI PT KR PHTB (Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi Konsorsium Riset Pengelolaan Hutan Tropis Berkelanjutan) Universitas Lambung Mangkurat , ikut berperan aktif dalam kegiatan pameran yang diadakan dalam rangka mendukung Seminar Nasional Teknolog Hasil Hutan  Tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Fakultas Kehutanan  ULM  Banjarbaru.

Seminar Nasional yang mengambil tema “Optimalisasi Pemanfaatan Hasil Hutan dalam Rangka Mendukung Program Revolusi Hijau”, diselenggarakan oleh Fakultas Kehutanan ULM, pada tanggal 13 Oktober 2018, bertempat di Hotel Rodhita, Banjarbaru.

Seminar diselenggarakan dalam rangka tugas dan peran Fakultas Kehutanan Unlam (khususnya Prodi Kehutanan) sebagai salah satu unsur satuan kerja di lingkup Perguruan Tinggi, yaitu ULM (Universitas Lambung Mangkurat) untuk dapat  mendiseminasikan hasil-hasil riset dan penelitian yang telah dilakukan oleh berbagai peneliti khususnya dalam rangka pemanfaatan hasil hutan untuk mendukung Revolusi Hijau.  Dalam kesempatan ini hadir narasumber dari berbagai perguruan tinggi dan instansi yaitu:

  1. Hanif Faisol Nurrofiq (Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Kalsel), yang pemaparan materi dengan judul “Kebijakan Percepatan Perhutanan Sosial dalam Mendukung Program Revolusi Hijau” diwakilkan kepada ……..
  2. Dr. Eniya Listiani Dewi (Deputi Informasi Energi & Teknologi Material BPPT), dengan pemaparan materi “Inovasi & Hilirisasi Produk Teknologi untuk Revolusi Hijau”
  3. Yono Cahyono (Kepala Divisi Produksi & Industri Perum Perhutanan Jawa Timur), yang memaparkan tentang “Pemanfaatan Hasil Hutan dengan Bisnis Terintegrasi yang Berkelanjutan”
  4. Dr. Sri Nugroho Marsoem (Guru Besar Fakultas Kehutanan UGM) dengan materi: “Pulp & Kertas di Indonesia”
  5. Dr. Ir. Yusuf Sudo Hadi (Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB), dengan materi: “Teknologi Pemanfaatan Asap Kayu & Biopellet untuk Revolusi Hijau”
  6. Wiwin Istiqowati, Ph.D (Dosen Fakutlas Kehutanan ULM) memaparkan “Pemanfaatan Kayu Lokal Cepat Tumbuh untuk Mendukung Program Revolusi Hijau”

Seminar dibuka langsung oleh Rektor ULM ( Prof. Dr. Ir. Sutarto Hadi, M.Sc), dihadiri oleh Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan & Humas ULM  (Prof. Dr. Ir. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc) yang sekaligus merupakan ketua PHLB ULM (Pusat Inovasi, Teknologi, Komersialisasi, Manajemen: Hutan & Lahan Basah, Universitas Lambung Mangkurat), Menteri Riset & Teknologi Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II (Prof. Dr. Ir. Gt. M. Hatta, M.Sc) sekaligus Ketua Senat ULM, Dekan dan para wakil dekan Fakultas Kehutanan ULM, dosen dan mahasiswa, para pemakalah dan undangan dari  satker Dinas Kehutanan Propinsi Kalimantan Selatan.  Pada kesempatan itu ada 48 pemakalah yang berasal dari ULM maupun luar ULM yang terbagi dalam 3 (tiga) komisi.

Seminar dihadiri oleh para peserta dan undangan dari berbagai instansi, baik yang berasal dari Kalimantan Selatan sendiri maupun di luar Kalimantan, dan turut mengambil bagian sebanyak 48 pemakalah yang terbagi dalam 3 (tiga) komisi.

Pada kesempatan itu, PHLB sebagai salah satu Pusat Unggulan Iptek, dan merupakan lembaga yang berbentuk  konsorsium, yang terdiri dari beberapa lembaga, yaitu: Pusat Kajian Hutan Tropis ULM, BP2LHK Banjarbaru, Balitbangda Propinsi Kalsel dan juga Baristand Banjarbaru ikut berperan dalam mendiseminasikan produk-produk unggulannya, terutama produk berbasis riset dan produk yang telah melalui serangkaian uji agar dapat memenuhi standar SNI, antara lain: forest tea, forest coffee, forest honey, forest instant.  Beberapa produk unggulan yang banyak diminati masyarakat adalah produk turunan dari pasak bumi, seperti : teh pasak bumi, kopi pasak bumi dan instant pasak bumi.  Produk yang baru diperkenalkan pada masyarakat adalah teh yang terbuat dari tumbuhan khas lahan basah, yaitu: teh kelakai.  Madu produksi PHLB adalah madu dari para petani Madu di Kalsel, namun telah melalui serangkaian uji dan standar, sehingga kualitasnya terjamin.  Beberapa produk unggulan tersebut perlu diperkenalkan kepada masyarakat melalui keikutsertaan PHLB ULM dalam pameran-pameran, termasuk pameran dalam rangka Seminar Nasional Teknologi Hasil Hutan di  Banjarbaru ini.

Sumber: pubdok-phlb-ulm (PHLB-ULM/UM-WEB/01-A311/ 10-2018)

Related Articles

SOSIAL MEDIA

6FansLike
121FollowersFollow
164SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Pengumuman